Selamat Datang

di Blog Saya

Dapatkan informasi di laman ini

Monday, October 24, 2016

Peralatan Membatik

Membatik merupakan seni kerajinan tangan di Indonesia. Oleh karena itu orang Indonesia memiliki kegiatan seni khusus yaitu seni kerajinan membatik . Kerajinan ini tentunya akan terwujud jika ada Alat dan bahan untuk membatik. Alat merupakan hal yang digunakan untuk membatik. Bahan merupakan media khusus untuk menerapkan corak dan warna.

Baiklah tanpa panjang lebar bahwa alat yang butuhkan dalam membatik akan saya kupas secara sederhana yang terpenting bisa bermanfaat bagi orang lain.

Alat membatik

Canting dan pensil

Pertama adalah Canting dan pensil, Canting merupakan alat yang digunakan untuk menulis, Namun sebelumnya pensil juga memiliki peranan penting dalam menulis batik. Biasanya canting ini terbuat dari tembaga, canting ini bersifat ringan, dan kuat meski tipis. Oleh karena itu tembaga menjadi pilihan pertama. Bagian canting ini terdiri dari 3 bagian yaitu; Gagang terong, nyamplung, dan Carak atau cucuk.
 
Fungsi canting ini untuk reng-rengan, atau batikan pertama kali yang disesuaikan dengan pola. Kemudian canting selanjutnya adalah canting isen, untuk mengisi bidang batik.
Menurut ukurannya canting ini dibagi menjadi 3 yaitu Canting kecil, anting sedang dan canting besar. Dan Menurut jumlahnya canting dibagi menjadi 3 yaitu; canting cecekan, canting bercucuk dua, canting bercucuk 3.

Wajan dan kompor

Wajan dan kompor menjadi alat yang memang saling membuutuhkan dan tidak terpisahkan. Kompor difungsikan untuk membakar wajan yang isisnya dalah lilin yang dipanaskan. Alternatif lain kalian bisa menggunakan anglo.

Gawangan atau tiang penyangga

Alat ini difungsikan untuk membentangkan ain ang masih basah akaibat proses pembuatan batik. Gawangan ini berfungsi untuk membentangkan kain. Biasanya, gawangan ini terbuat dari bambu atau yang lainnya.

Panci Besar dan setrika

Panci besar digunakan pelarut lilin dan menghilangkan lilinnyang melekat pada kain.

Saringan

Alat ini digunakan untuk menyaringmalam yang telah dicairkan melalui proses pemanasan.

Peralatan pendukung lainnya

  1. Tempat duduk pendek, untukl duduk saat membuat pola dan membatik.
  2. Pelindung paha, biasanya pakai ini agar tidak kotor saat menulis.
  3. bandul Kain, agar kain yang di batik tidak lari kemana-mana atau bergeser maka dibutuhkan bandul.
  4. Sarung tangan untuk proses pewarnaan. Oleh karena agar tangan kita tidak kotor maka saat memegang batik akan terlihat bersih, namun jika kotor maka jika memegang btaik akan menjadi batik tulis yang kurang bersih.

2 comments:
Write comments
  1. Tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang batik?. Anda bisa mendownload E-Book membatik di Fitinline.

    ReplyDelete

Hey, jika kalian pengguna twitter silakan follow atau mention saya di: @damplik
Join Our Newsletter