Selamat Datang

di Blog Saya

Dapatkan informasi di laman ini

Thursday, June 23, 2016

Macam-Macam, Contoh Karya Seni Rupa Murni Nusantara dan Mancanegara

Seni rupa murni adalah salah satu macam dari seni rupa yang lebih condong kepada nilai estetikanya dari pada manfaat atau kegunaannya.
Hal tersebut berbanding terbalik dengan seni rupa terapan yang lebih memprioritaskan manfaat dan kegunaan karya seni tersebut dibandingkan keindahannya.

Berbeda dengan seni rupa terapan, seni rupa murni tidak digunakan sebagai alat bantu namun yang digunakan pada seni rupa murni adalah estetikanya atau nilai keindahan. Salah satu contoh hasil dari karya seni rupa murni yaitu lukisan, kaligrafi dan patung.
Dan 5 macam karya seni rupa murni yang terbesar menurut sejarah yaitu patung, arsitektur, lukisan, musik, dan puisi dengan seni minor termasuk didalamnya adalah seni drama dan seni tari. Pada saat ini seni musik sering dihubungkan dengan seni visual.

PENGERTIAN SENI RUPA MURNI

fine art atau seni rupa murni adalah salah satu seni rupa yang hanya memperhatikan unsur praktis dan mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan estetika atau nilai keindahan saja.
Biasanya karya seni rupa murni dibuat hanya untuk mengekspresikan perasaan dan juga kreativitas si pembuatnya.
Meski sering disebut sebagai karya seni rupa yang bebas, sebenarnya karya seni rupa murni mempunyai beberapa aliran atau gaya yang berkembang seperti romantismesurrealismeimpresionismeekspresionisme dan masih banyak lagi yang lainnya.

MACAM-MACAM DAN CONTOH SENI RUPA MURNI NUSANTARA DAN MANCANEGARA

Ada beberapa macam seni rupa murni yang berkembang di nusantara dan mancanegara. Setiap macamnya mempunyai aliran serta gaya dalam gerakan seni rupa murni yang mempunyai pandangan serta ciri khas yang unik dan baru dalam menghasilkan karya seni.
Berikut ini macam-macam seni rupa murni nusantara dan mancanegara besarta contohnya:

1. SENI LUKIS

Pengertian, Macam-Macam, Contoh Seni Rupa Murni Lukis 3d
4.bp.blogspot.com
Contoh seni rupa murni yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Seni lukis adalah karya seni yang berbentuk seni rupa murni 2 dimensi.
Biasanya, media yang dipakai dalam seni rupa murni yang pertama ini yaitu kanvas yang selanjutnya dilukis dengan cat minyak. Terdapat beberapa aliran dalam seni lukis seperti berikut:
a. Seni Lukis Naturalis
Lukisan yang dibuat sesuai dengan wujud asli dalam dunia nyata.
b. Seni Lukis Ekspresionis
Aliran seni lukis ekspresionis ini merupakan karya seni lukis yang tercipta berdasarkan ekspresi perasaan dan emosi si pelukis.
c. Seni Lukis Abstrak
Seni lukis yang beraliran abstrak sifatnya samar atau semu. Orang awam akan menilai lukisan dalam aliran ini sebagai lukisan yang kurang menarik karena tidak jelas bentuk rupa dari lukisannya.

2. SENI GRAFIS
Pengertian, Macam-Macam, Contoh Seni Rupa Murni Grafis
memobee.com
Seperti karya seni lukis, seni grafis juga termasuk dalam seni rupa murni 2 dimensi.
Teknik yang dipakai untuk membuat karya seni grafis sangat bermacam-macam mulai dari sablon, cukil kayu, monotypeetsa, cungkil kayu,collograph atau pengasaman bahan logam dapat juga disebut dengan percetakan dengan memakai bahan baku lito.

3. SENI FOTOGRAFI

Pengertian, Macam-Macam, Contoh Seni Rupa Murni Fotografi
potografervideoshootingmultibizprofesional.files.wordpress.com
Seni fotografi adalah karya seni berupa foto yang dihasilkan dari proses melukis dengan cahaya yang menggunakan alat yang disebut kamera. Dalam seni fotografi, hal yang paling penting yakni indera penglihatan atau mata.

4. SENI KOREOGRAFI

Pengertian, Macam-Macam, Contoh Seni Rupa Murni Koreografi
indonesiakaya.com
Seni rupa murni yang meciptakan atau mengubah sebuah gerakan atau tarian menjadi gerakan atau tarian tertentu yang utuh sehingga menjadi lebih menarik dan dapat dinikmati.

5. SENI FILM

Pengertian, Macam-Macam, Contoh Seni Rupa Murni Film
sigmatvunj.org
Seni film atau biasa kita disebut jugasinematografi adalah karya seni rupa murni yang dihasilkan dari rekaman orang dan atau benda (termasuk figur palsu dan fantasi) dengan kamera dan atau dengan olah animasi.

Jika ditinjau dari beberapa ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa karya seni rupa murni itu ada banyak macamnya, tergantung dari sudut pandang mana yang kita pakai.
Jika kita meninjau dari sudut pandang manfaatnya, seni rupa murni ada dua macam yaitu seni rupa murni dan terapan, sedangkan berdasarkan bentuk atau wujudnya seni rupa murni dapat berupa 2 dimensi dan 3 dimensi.
Karya seni rupa murni telah ada dan berkembang sejak zaman dahulu. Di Indonesia nusantara kita ini sendiri, seni berkembang dengan sangat bagus dan cepat.
Banyak karya seni rupa warisan dari leluhur kita yang mendapat banyak pujian dari mancanegara. Hal tersebut menunjukan bahwa para pelaku seni rupa murni yang ada di Indonesia mempunyai talenta luar biasa yang bisa bersaing secara mancanegara.

No comments:
Write comments

Hey, jika kalian pengguna twitter silakan follow atau mention saya di: @damplik
Join Our Newsletter