Selamat Datang

di Blog Saya

Dapatkan informasi di laman ini

Friday, August 26, 2016

cara melihat konsumsi listrik di PC kita? HOW?

Gimana cara melihat daya watt hadware pada PC kita ?  

"sampai berapa watt PC kita bekerja ?? dan gimana cara melihat daya watt tertentu . ."

Jawaban : 
jgn tertipu dengan "daya cukup" tapi kualitas daya yg dikeluarkan tidak pernah bagus. artinya merasa komputer hidup, yo wes lah,,, akibatnya akan mengikis hardware secara perlahan. 
kalo dia orang orang listrik kelas teri, berarti saya dozen elektro kelas ikan paus, pendidikan S3. 

vendor pembuat hardware sdh memiliki standart, utk 12v minimumnya 11,40v riplenya, biasanya terjadi pada saat full load processor+GPU+mainboard+ yg lainnya lah,,,,test pake software, dan ukur pake tester (jgn yg murahan testernya) kenapa harus yg 12v??? karena berbagai komponen saat ini banyk yg menggunakan jalur itu ketimbang jalur lain. 3v dan 5v utk control. 

nah utk mengukur berapa purenya atau daya maksimalnya lah... pake lampu mobil yg 100watt, kan AKI mobil 12v juga, ambil 3biji aja, sambung kan ke rail 12v pada PSU, sambil diukur tegangannya, misalkan apabila 3 lampu mobil tadi (jadi 300watt) pada kabel molek yg berbeda (kabel molek yg ada 4 lubangnya, 12v kuning, merah 5v, hitam ground) ketika rail turun mencapai dibawah 11,5v, berarti daya maksimum 300watt dikurang 50watt, (50watt ini anggap saja kehilangan daya akibat penurunan rail 12v tadi, jadi hanya 250watt kira2 lah maksimalnya, walaupun simbadda 380 atau 450, 500, pengecualian utk simbadda 830watt modular

nah terus utk PSU (Power Suply Unit) komputer, walaupun kita pake yg 1000 watt sekalipun ga pengaruh ke tagihan listrik, karena yg dihitung tetap saja beban maksimal seluruh hardware, misalkan seluruh hardware 300watt maksimalnya berarti ya 300 watt. dulu saya pake acbel 420 watt, sekarang pake cooler master silent pro 1200 watt, padahal listrik dirumah cuma 900 VA, 4 ampere, tagihan lisrtik ga ada perubahan yg signifikan, ga pernah ngeluh "wah tagihan listrik naik gara2 pake cooler master 1200watt,,, kalo komputer idle, jauh lebih irit ketimbang menyalakan pertama kali. cara ngukurnya pake alat ukur keluaran arus AC, kemudian hitung efisiensi, asumsikan saja PSU yg bagus itu 80%nya.

kalau nvidia 9800GTX bisa diangkat dengan simabadda 450 watt bawaan casing,,, kenapa sewaktu saya mencoba HD4870 yg katanya sama borosnya dengan sitambun 9800GTX, 2biji HD 4870 ga kuat diangkat pakai simbadda 830 watt yg harganya mahal.... ga mau nyala,,, apalagi dipake main game, jagankan masuk windows,, ketika dinyalakan malah mati sendiri,, sedangkan seasonic 520 watt kuat kaya si Samson,, berartikan ketahuan yg mana PSU yg bagus, dan yg mana PSU abal2...

buat si TS,,, lebih baik upgrade PSU 450watt murni juga masih bagus buat si 5770, maksudnya pemborosan itu kalo kita beli mahal2, sedangkan yg dipake sedikit, artinya investasi awal ke PSU itu tadi,,, tapi lebih baik dari pada bela2 PSU seharga 100 ribuan utk komputer seharga 5jutaan

ingat seorang "GAMER SEJATI", atau benchmarker, tidak pernah menggunakan PSU abal2


Adakah software pengukur besaran konsumsi listrik pada PC komputer?

"Saya ingin mengukur besar konsumsi listrik PC saya dalam satuan waktu.
 Misalnya, berapa besar konsumsi PC saya dalam waktu 1 jam. 
 Dari hasil itu saya bisa menghitung berapa besar biaya penggunaan listrik selama 1 jam"

Jawaban : 

Kalau HANYA dengan software, PASTI tidak bisa karena tidak adanya pendeteksi arus nya.
 Jadi satu-satunya cara harus menggunakan hardware apakah berupa tang amper digital yang ada output yang bisa dihubungkan ke komputer melalui serial comm, USB atau apalah dan programnya.

Yang paling mudah yah anda membeli KWH meter dengan harga sekitar 300~400 ribu, berbentuk steker bulat yang di atasnya ada stop kontak dan displaynya bisa menunjukkan salah satunya KWHnya. Jadi alat ini ditancap di stop kontak biasan dan beban yang akan diukur ditancap ke stop kontak atasnya.

Produknya antara lain :

merk : WANF 
Wonderful Multifunctional Mini Ammeter (WATT-METER) = kilowatt hour meter + power meter + voltmeter + fare register + time recorder + performance monitor.

Source Voltage Real-time Monitoring 
Power Change Self-recording 
Equipment Performance Automatic Monitoring 
Curl Consumption Automatic Tracing 
Power Expenditure Automatic Clearing 
Operation Time and Power Cons 
Main Performance & Index: 
The range of measuring: 
Voltage: 110~280v 
Power: 1~3000w 
Coulometer: 0.0001~9000AH 
Time: 0~60 minutes, 0~24 hours, 0~999 days 
Refresh Frequency: Over two times per second 
Measurement Accuracy: First class 
Display Mode: 8 bit digital (4 bit concern with time) LCD screen, plus 4 decimals 
Compression of power frequency: AC220v power supply 
Working Conditions: Temperature: -10~60Centigrade, Humidity: 10~95% RH

No comments:
Write comments

Hey, jika kalian pengguna twitter silakan follow atau mention saya di: @damplik
Join Our Newsletter