Selamat Datang

di Blog Saya

Dapatkan informasi di laman ini

Saturday, June 18, 2016

Bahan mekanik

mekanik_robot1Alat mekanik selain dianggap dalam peralatan manual yang digunakan manusia untuk mempermudah pekerjaan, dapat juga dikatakan sebagai teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan, merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Pesawat sederhana atau perkakas mekanik adalah sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan usaha atau kerja secara mekanik. Prinsip pesawat sederhana dapat dijelaskan melalui analisis fisika matematis, untuk menentukan berapa besar gaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan kerja. Sebagai contoh: susahnya seseorang untuk mencabut paku yang tertancap cukup dalam pada sebuah kayu yang keras tanpa menggunakan alat pencabut paku.



Dasar pesawat sederhana itu kemudian digunakan sebagai dasar pijakan untuk pembuatan perkakas yang lebih rumit seperti halnya pengangkat barang berat.

Tang merupakan salah satu alat mekanik hasil perkembangan peralatan yang dibuat oleh manusia. Penemuan tang sudah ada sejak sebelum Masehi. Tang yang paling sederhana terbuat dari kayu atau tulang, pada zaman dahulu tang digunakan untuk memegang benda yang panas atau dingin. Ada beberapa macam tang, antara lain: tang potong, tang jepit, tang kombinasi, tang buaya.


Contoh lain dari peralatan mekanik misalnya adalah gergaji. Gergaji merupakan sebuah peralatan mekanik yang diciptakan oleh seorang tukang dan arsitek terkenal pada zaman Zhan Guo bernama Lu Ban. Ada sebuah kisah unik yang melatarbelakangi proses penciptaan gergaji ini. Saat masuk hutan, ia menarik sekumpulan rumput liar, ternyata di antara rumput liar itu terdapat duri-duri kecil yang membuat tangannya berdarah. Berdasarkan pengalamannya itu, Lu Ban mendapatkan ide untuk menciptakan gergaji, karena di rumput liar itu terdapat duri-duri. Dan duri-duri itu bisa menjadi jeruji gergaji untuk memotong kayu.


Gergaji mesin merupakan perkembangan selanjutnya dari peralatan mekanik yang digunakan manusia. Modifikasi dari gergaji kayu dengan sumber energi listrik maupun energi kimia (bahan bakar) membuat pekerjaan yang dilakukan manusia lebih mudah. Gergaji mesin (listrik) biasanya digunakan di tempat yang mengolah hasil-hasil bumi seperti kayu, sedangkan gergaji mesin (bahan bakar) lebih bersifat portabel atau mudah dibawa sehingga penggunaan dapat lebih maksimal.


Pembuatan peralatan mekanik yang memiliki fungsi banyak, memungkinkan adanya modifikasi dalam bahan maupun model peralatan mekanik. Manusia sebagai makhluk yang memiliki daya kreativitas yang besar menggabungkan peralatan mekanik yang satu dengan yang lain, contohnya pisau lipat. Penggunaan pisau lipat dapat berisikan peralatan mekanik yang disusun sedemikian rupa, sehingga memiliki dimensi yang kecil dan lebih bersifat portabel atau mudah dibawa kemana-mana.


Dalam hal pembelajaran, banyak produk sederhana yang dapat dijadikan acuan. Antara lain adalah pembuatan antena televisi, perlengkapan dapur (panci, wajan, dan lain-lain), sangkar burung, dan sebagainya. Tampilkan sebuah produk sederhana tersebut dikelas dan berikan pemahaman dari awal pembuatan hingga hasil jadi dan pengemasan.


ELTELU

No comments:
Write comments

Hey, jika kalian pengguna twitter silakan follow atau mention saya di: @damplik
Join Our Newsletter