Selamat Datang

di Blog Saya

Dapatkan informasi di laman ini

Saturday, June 18, 2016

Alat Ritmis traditional

Berikut ini macam-macam dan contoh alat musik ritmis tradisional yang paling unik di seluruh dunia berserta asal daerahnya dan cara memainkannya:

1. KENDANG


pengertian, macam-macam dan contoh alat musik ritmis tradisional berserta asal daerahnya dan cara memainkannya kendang

Alat musik ritmis tradisonal yang pertama adalah kendang. Alat musik ritmis ini ada juga yang menyebutnya gendang yang merupakan instrumen dalam gamelan jawa (termasuk sunda).

Salah satu manfaat penting dari kendang yakni mengatur irama. Cara memainkannya dengan memukulkan tangan ke kulit yang direnggangkan.

Beberapa macam kendang yaitu ketipung atau kendang kecil, kendang ciblon atau kebar atau kendang menengah, kendang kalih atau kendang gede yang merupakan pasangan dari ketipung.

 

2. TIFA

pengertian, macam-macam dan contoh alat musik ritmis tradisional berserta asal daerahnya dan cara memainkannya tifa

Tifa adalah salah satu alat musik ritmis tradisonal yang berasal dari Papua. Sebenarnya alat musik ritmis ini hampir sama dengan gendang, baik cara memainkannya, bentuk maupun bahan yang yang dipakai yaitu dari kayu dan kulit hewan.

Hanya saja, bentuk dari alat musik tifa memanjang dan sedikit ramping pada bagian tengahnya. Berbeda dengan gendang yang cenderung membesar pada bagian tegahnya. Cara memainkan tifa harus dengan berdiri dan dipukul seperti gendang.

 

3. REBANA


pengertian, macam-macam dan contoh alat musik ritmis tradisional berserta asal daerahnya dan cara memainkannya rebana

Rebana adalah kendang kecil yang mempunyai bentuk bundar serta pipih. Ada bingkai berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu yang dibubut. Salah satu sisi yang berlapis kulit kambing untuk ditepuk saat dimainkan.

Kesenian di negara melayu seperti Malaysia, Brunei, Singapura termasuk Indonesia yang memakai rebana yakni musik irama dari padang pasir, contohnya kasidah, hadroh dan gambus. Cara memainkannya cukup dipukul-pukul menggunakan telapak tangan.

 

4. KASTANYET


pengertian, macam-macam dan contoh alat musik ritmis tradisional berserta asal daerahnya dan cara memainkannya kastanyet

Alat musik ritmis tradisonal yang satu ini cara memainkannya dengan meletakkan alat musiknya di tangan kiri, lalu tangan sebelah kanan menepuk-nepuk tangan kiri agar alat musik ritmis tersebut mengeluarkan bunyi sesuai yang diinginkan pemainnya. Biasanya alat musik ini digunakan untuk mengiringi tari-tarian Spanyol.

 

 

5. TIMPANI


pengertian, macam-macam dan contoh alat musik ritmis tradisional berserta asal daerahnya dan cara memainkannya timpani

Alat musik ritmis tradisional timpani adalah alat musik yang terbuat dari bahan kuningan dan tabungnya menyerupai mangkuk.

Cara memainkan alat musik ritmis yang satu ini yaitu dengan cara dipukul dengan alat yang bernama stik atau mallet timpani. Alat musik ritmis ini biasanya hanya dimainkan beberapa kali saja.

 

6. KONGA


pengertian, macam-macam dan contoh alat musik ritmis tradisional berserta asal daerahnya dan cara memainkannya konga

Konga mirip dengan kendang, tetapi bentuknya lebih panjang dan terdapat keunikan tersendiri dari bentuknya. Alat musik ritmis tradisional yang satu ini terbuat dari kayu. Kulit hewan yang dipakai untuk permukaanya menghasikan bunyi yang sangat khas.

Untuk gantungannya, konga diletakan di penyangga besi agar posisinya tetap seimbang pada waktu dimainkan. Cara memainkan alat musik ritmis konga yakni dengan cara dipukul memakai kedua tangan tanpa alat bantu.

 

credit: cara.pro

No comments:
Write comments

Hey, jika kalian pengguna twitter silakan follow atau mention saya di: @damplik
Join Our Newsletter